Buku: Politik Katolik

 

Judul Buku      : Politik Katolik

                         Politik Kebaikan Bersama: Sejarah dan Refleksi

                         Keterlibatan Orang-Orang Katolik dalam Politik Indonesia

Editor              : Mikhael Dua, Febiana R Kainama, Kasdin Sihotang

Penerbit           : Penerbit Obor, November 2008, Jakarta

Tabal               : 268 halaman

Harga              : Rp. 55.000,-

buku-politik_katolikPolitik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hidup manusia. Sejak jaman dahulu keyakinan akan hal ini sudah ada. Karena itu pulalah Aristoteles, seorang filsuf Yunani Kuno berani mengidentikkan manusia sebagai makluk berpolitik dengan sebutan zoon politikon.

Dalam bingkai pemikiran Aristoteles, politik merupakan tempat manusia untuk mewujudkan pengabdiannya kepada masyarakat. Dengan kata lain, yang mau dilayani dalam politik adalah kepentingan masyarakat. Namun dalam perkembangannya, makna etis politik itu telah dibelokkan.

Bagaimanakah umat Katolik mengimplementasikan filosofi Aristoteles tersebut dalam bingkai politik di Indonesia? Apakah  tokoh-tokoh Katolik yang terlibat dalam kekuasaan sejak jaman dulu memang sungguh-sungguh menempatkan politik sebagai wadah untuk memperjuangkan kebaikan bersama? Sejauh mana tokoh-tokoh Katolik seperti Frans Seda, IJ Kasimo, Soegjopranoto dan tokoh-tokoh terkenal lainnya memaknai politik sebagai perwujudan iman sekaligus kesadaran diri sebagai warga Negara?

Buku Politik Politik Kebaikan Bersama akan berusaha menjawab pertanyaan mendasar ini.

Buku ini diterbitkan kerjasama dengan Ikatan Sarjana Katolik Indonesia, Pusat Pengembangan Etika Atma Jaya (PPE), dan Penerbit Obor, Jakarta dalam rangka 50 tahun IKatan Sarjana Katolik Indonesia ( ISKA). Ketiga editornya, Mikhael Dua, Febiana R Kainama dan Kasdin Sihotang adalah dosen dan staf di PPU Unika Atma Jaya, Jakarta.  

Di tengah-tengah suhu politik yang semakin memanas, buku ini layak dibaca, khususnya oleh umat Katolik yang ingin terjun dalam dunia politik ( baca: calon-calon anggota legislatif). Pemahaman yang memadai tentang kualitas keterlibatan para tokoh Katolik sebelumnya serta refleksi yang mendalam tentang apa yang harus dilakukan di kemudian menjadi modal penting bagi umat Katolik yang mau terlibat dalam dunia politik.

( Kasdin Sihotang)  

 

2 Comments »

  1. 1
    Stanislaus Sugiyarta Says:

    Saya datang waktu launching buku itu. Saya membelinya, tapi belum bembaca isinya kecuali tulisan di luar yang tertera di sampul belakang. Saya membeli karena saya tertarik untuk membaca isinya. Seluruh warga negara sebaiknya mengerti, terlibat dalam dunia politik (dalam arti awalnya). Lebih-lebih warga negara yang mengimani Yesus. Karena Yesuspun meninggal karena putussan politik saat itu. Politik Yesus adalah politik etis dan moral, dalam perjuangannya untuk keadilan dan kebenaran serta memperjuangkan yang kecil, lemah miskin dan tersingkir dan disingkirkan. Berjuang untuk semua manusia, bukan hanya yang katolik. Bagaimana dengan umat katolik saat ini. Menurut hemat saya ( berdasarkan pengamatan se wilayah ku). Image umat katolik thd politik buruk; karenanya ogahlah untuk berpikir yang sedikit sederhana dan mau berkorban, misalnya mau jadi Ketua RT/RW aza kan dah bagus. MUdah-mudahan dengan buku itu dapat segera menggugah umat katolik dari tiidur dalam berurusan dengan bonnum commune.

    Stanislaus sugiyarta
    08122853292

  2. 2
    swandy Says:

    untuk menambah pengetahuan kita ttg buku tersebut, dibawah ini saya tambahkan beberapa hal:

    Pada tgl 21 November 2008 bertempat di Museum Misi Muntilan, diluncurkan edisi pertama November 2008 sebuah buku sejarah dan refleksi keterlibatan orang-orang Katolik dalam politik Indonesia “Politik Katolik, Politik Kebaikan Bersama”, atas kerjasama Ikatan sarjana Katolik Indonesia (ISKA), Pusat Pengembangan Etika Univ.Atmajaya Jakarta dan Penerbit Obor. Buku ini berisi potongan-potongan pendek dari sebuah peristiwa yang disusun menjadi mosaic besar. Dari mosaic ini kita bisa memperoleh gambaran agak menyeluruh, bagaimana proses perjalanan gereja Katolik ditengah politik bangsa Indonesia, (Mgr.Martinus D.Situmorang).
    Penulis buku ini antara lain adalah:
    1. Mgr. Martinus D. Situmorang (Uskup Padang dan Ketua Presidium KWI), dengan judul “Politik dan Moralitas”.
    2. Andre Ata Ujan (Wkl. Dekan Fak.Ekonomi Univ.Atmajaya Jakarta), dengan judul “Politik katolik, Politik Kebaikan Bersama”. (Keterlibatan politik, tidak ingin menjadi free riders, mengawal bangsa ke depan)
    3. Mikhael Dua (Kep. Pusat Pengembangan Etika Univ.Atmajaya Jakarta), dengan judul “Politik Pergerakan menuju kemandirian Bangsa” (Orang Katolik dna kebangkitan nasional, Partai Katolik dan prinsip politiknya, keterlibatan bidang social dan ekonomi)
    4. F.Rahardi (Sastrawan/Wartawan, Anggota Presidium ISKA), dengan judul “Politik menentang Totaliterisme” (Lahirnya Lembaga kategorial, lembaga profesi dan universitas, munculnya totaliterisme) dan “Politik untuk demokrasi dan Pluralitas” (Situasi politik sebelum dan sesudah G.30.S, Orde Baru, penyimpangan demokrasi pancasila, politik keberpihakan)
    5. T.A. Legowo (Peniliti di Dep. Politik dan Perubahan Sosial, CSIS Jakarta), dengan judul “Sistem Politik Indonesia, dinamika antara Das Sollen dan Das Sein’ (Politik berbasis kebangsaan, dilemma kaum pekerja, paradox demokratisasi, agenda kedepan)
    6. B.Herry Priyono (Peneliti dan Dosen Pascasarjana STF Driyarkara Jakarta), dengan judul “Perihal Ekonomi yang tercerabut” (Pro pasar vs Anti Pasar, kolonisasi ideology serta sebagai kebijakan, korporasi tercerabut)
    7. Frans M.Parera (Pendiri Sekolah Tinggi Ilmu Penerbitan di Jakarta), dengan judul “Menakar Sarjana Katolik, menatap Pendidikan” (Pendididkan sebagai social planner, strategi ilmu pengetahuan, peran pendidikan.
    8. Mgr. Agustinus Agus (Uskup Sintang, ketua Komisi Kerawan KWI), dengan judul “Politik pangilan untuk kepentingan bersama” (Politik sebagai panggilan, konstelasi politik dan tindakan nyata, tanggungjawab warga Negara, Yesus Model Politik)

    salam,

    swandy sihotang


RSS Feed for this entry

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: